Saturday, November 13, 2010

Bab 3: Menggunakan E-Mail untuk Komunikasi

Bab 3: Menggunakan E-Mail untuk Komunikasi

A. Mendeskripsikan Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi
1. Mendeskripsikan Internet untuk Komunikasi (E-mail)
E-mail (Electronic Mail) merupakan fasilitas tertua dalam penggunaan internet. E-mail merupakan fasilitas internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat.
Terdapat dua jenis layanan email, yaitu :
a. Email yang berbasis web
Seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail, misalnya Yahoo Mail, Hotmail.
b. Email yang berbasis client
Membutuhkan perangkat lunak misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas ini memungkinkan menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan internet.
2. Fungsi Email Sebagai Alat Komunikasi
Email adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer yang lainnya.
Dampak negatif dari email antara lain sebagai alat penyebar virus komputer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk lainnya.
Cara untuk mendapatkan email :
1. Melalui penyedia email gratis
2. Undangan dari teman
3. Dari Internet Service Provider (ISP)
4. Dari perusahaan
5. Memesan sendiri
B. Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox di Kantor Pos (Fisik) yang Memiliki Identitas dan Kunci dengan Mailbox Email (Logik) yang Memiliki User ID dan Password
Alat komunikasi melalui media elektronik mempunyai keunikan tersendiri, baik dari kecepatan transfer data maupun kemampuannya untuk melakukan broadcast.
Pengguna email memiliki sebuah kotak surat yang disebut dengan mailbox yang tersimpan dalam mailserver. Untuk dapat membuka mailbox, pengguna harus memasukkan user ID dan kata kunci (password). Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya.
C. Menggunakan Alamat Tujuan dan Subjek untuk Membuat Email
Penyedia layanan email antara lain :
a. Yahoo!, beralamat di mail.yahoo.com
b. Gmail, beralamat di mail.gmail.com
c. Hotmail, beralamat di www.hotmail.com
d. Plasa, beralamat di www.plasa.com
1. Melakukan pendaftaran di Yahoo mail
Langkah-langkahnya:
Klik tombol start  klik browser website  buka situs Yahoo! Mail  klik SignUp  isi data  klik tombol I agree
2. Menggunakan Yahoo! Email
Klik tombol start  buka situs Yahoo! Mail  buka inbox apabila ingin mengetahui terdapat pesan atau tidak  klik salah stau subjek email yang akan dibaca.
D. Melakukan Attachment File dalam E-mail
1. Mengirim E-mail
• Klik tombol start, pilih browser.
• Pilih situs Yahoo! Mail, kemudian sign in
• Klik icon Compose
• Muncul kotak dialog
• Pada kotak To, ketik alamat e-mail
• Pada kotak Cc, isi alamat tujuan
• Pada kota Bcc, isi alamat tujuan lain
• Ketik isi e-mail
• Klik Send
• Klik Back to Inbox
2. Mengirim Attachment File dalam E-mail
• Setelah menulis pesan di kotak teks editor, klik tombol Attach Files.
• Pilih file
• Klik Attach Files
• Klik tombol Continue to Message
• Klik tombol Send.
E. Melakukan Reply dan Forward
1. Melakukan Reply Email
Buka surat  klik tombol Reply  klik tombol Attach Files  klik Send  back to message
2. Melakukan Forward Email
Buka surat  klik Forward  tulis alamat email tujuan  Send
F. Mengelola Email
Cara menghapus e-mail yang sudah tidak diperlukan, yaitu:
1. Buka inbox
2. Pilih email yang ingin dihapus
3. Klik bagian sebelah kiri sender, sampai muncul tanda check list
4. Klik tombol delete
G. Melakukan Download Attachment dan Memindahkan pada Media Lain
Langkah untuk membuka dan atau menyimpan e-mail, yaitu:
1. Buka E-mail
2. Terlihat File Attachment
3. Klik nama File Attachment pada kotak subjek
4. Klik Scan and Download Attachment
5. Klik download attachment
6. Muncul kotak dialog, berisi beberapa pilihan Open, Save, Cancel, More info
7. Klik save untuk menyimpan
8. Tentukan folder penyimpanan
9. Ketik nama file
10. Klik Save
11. Open untuk membuka file dan close untuk menutup
H. Kode Etik Penggunaan Email
Etika dalam berkomunikasi melalui e-mail dikenal dengan istilah netiquette atau internet etiquette. Berikut adalah beberapa aturan yang perlu diketahui ketika berkomunikasi melalui e-mail, yaitu:
1. Hindari penggunaan huruf kapital
2. Hormati privacy orang lain
3. Jangan teruskan surat berantai
4. Jangan melakukan Spam
5. Hapuslah pesan replay yang tidak perlu
6. Selalu isi bagian subjek, jangan dibiarkan kosong.
7. Bersabarlah dalam menunggu balasan.

No comments: